Perubahan Model Penyajian Musik Keroncong pada Kelompok Ensamble Keroncong Pohon Hayat

Authors

  • Lilik Tri Cahyono Institut Kesenian Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52969/beranda.v11i1.17

Keywords:

musik keroncong, perubahan, konvesional, media baru, Ensamble Keroncong Pohon Hayat

Abstract

Pada saat ini musik keroncong kurang diminati karena tergerus oleh perkembangan zaman. Salah satu yang menyebabkan itu terjadi karena musik keroncong masih berfokus pada bentuk yang konvensional. Padahal dewasa ini, perkembangan media baru sangat masif dan meliputi segala aspek kehidupan tak terkecuali dalam ranah seni. Untuk itu musik keroncong perlu berinovasi agar tetap dapat diterima dan bertahan menghadapi perkembangan zaman. Artikel ini akan membahas mengenai perkembangan musik keroncong Ensamble Keroncong Pohon Hayat di Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik observasi. Data dianalisis dengan konsep teori studi pustaka dan pementasan musik keroncong. hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perpaduan antara gaya musik keroncong konvensional dengan yang ‘kekinian’ melahirkan suatu inovasi bentuk ‘baru’ dalam perkembangan kelompok  musik keroncong di IKJ.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Becker, Judith. 1975. “Kroncong, Indonesian Popular Music”. Asian Music. Journal of the Society for Asian Music. Vol.II no.1,

Bramantyo, Triyono. 2001. “Portuguese Elements in Eastern Indonesia’s Folk Tunes”. SENI. Jurnal Pengetahuan dan Penciptaan Seni, Vol.VIII no.3. Badan Penerbit ISI Yogyakarta.

Brandts-Buys, J.S. 1921. “Over de ontwikkelingsmogelijkheden van de muziek op Java”. Prae-adviezen. Bandoeng.

Budiman, B.J. 1979. Mengenal Keroncong Dari Dekat. Jakarta: Perpustakaan Akademi Musik LPKJ.

Darminto, P. 1981. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN. Balai Pustaka

Harmunah. 1987. Musik Keroncong: Sejarah, Gaya, dan Perkembangan. Yogyakarta PML.

Heins, Ernst. 1975. Keroncong And Tanjidor-two cases of Urban Folk Music In Jakarta, Asian Music. VII-I. Journal of The Society For Asian Music.

Koentjaraningrat. 2005. Pengantar Antropologi. PT Rineka Cipta.

Kusbini. 1976. Sedjarah Kehidupan Perkembangan dan Asal-usul Seni Musik Kerontjong Indonesia. Yogyakarta : Sanggar Olah Seni Indonesia.

Marzuki, Latifah Kodiat. 1995. Istilah – istilah Musik. Jakarta: Ed.rev., cet. 4

Prier,Karl-Edmund,SJ. 1996. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Laturgi.

Ratna, Nyoman Kutha,. 2010. Sastra dan Cultural Studies. Jakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

Saputra, Yahya Andi dan Nurzain. 2009. Profil Seni Budaya Betawi. Jakarta: JakartaCity Government Tourism & Culture Office.

Scholes, Percy A. 1972. The Oxford Companion To Music 10th ed. London : Oxford University Press.

Downloads

Published

28-12-2023

How to Cite

Cahyono, L. T. (2023). Perubahan Model Penyajian Musik Keroncong pada Kelompok Ensamble Keroncong Pohon Hayat. Beranda, 1(1), 28–34. https://doi.org/10.52969/beranda.v11i1.17