Interpretasi Lagu Betawi "Abang Jampang" Karya Benyamin Sueb Dari Perspektif Hermeneutika

Authors

  • Cerman Simamora Institut Kesenian Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52969/beranda.v1i2.42

Keywords:

Interpretasi, lagu, Hermeneutika

Abstract

Teks lagu merupakan suatu ekspresi yang mampu membangkitkan perasaan, merangsang imajinasi panca indera dalam susunan yang berirama. Hal ini dapat dikatakan teks lagu merupakan jenis karya sastra yang di dalamnya mengandung simbol tanda yang bermakna dengan bahasa sebagai medium. Penelitian ini mengkaji teks lagu yang berjudul “ Abang Jampang” karya Benyamin Sueb, yang dikaji dengan menggunakan teori Hermeneutika Paul Ricour dan Semiotika Roland Barthes. Penulis menemukan bahwa teks lagu memiliki makna dan pesan tersendiri yang disampaikan oleh pencipta yang bertujuan unuk disampaikan kepada pendengar bahwa lagu tidak hanya dinikmati alunannya tetapi teks lagu yang memiliki pengaruh bagi khalayak begitu juga narasi yang disampaikan, Setiap generasi dapat mengidentifikasi diri mereka dengan pesan-pesan yang tersirat dalam lirik-liriknya, baik dari segi humor maupun kritik sosial. Gaya bahasa yang digunakan terikat erat dengan dialek dan tradisi lisan Betawi, memastikan bahwa pesan-pesan tersebut tetap dapat dipahami dan diapresiasi oleh pendengar dari berbagai latar belakang. Lagu "Abang Jampang" dapat dipandang sebagai bentuk kritik sosial, di mana liriknya mampu menggambarkan realita sosial dalam berbagai konteks sosial dan budaya yang terus berubah. Selanjutnya melalui semiotika dapat dimaknai isi teks lagu melalui simbol-simbol teks dilihat dari denotasi dan konotasinya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Awe, Mokoo. 2003. Nyanyian di Tengah Kegelapan. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Badan Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Barthes, Roland. 2007. Petualangan Semiologi. Terjemahan oleh Stephanus Aswar Herwinarko, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

_____________. 2007. Membedah Mitos-Mitos Budaya Massa. Yogyakarta: Jalasutra.

Danesi, Marcel. 2010. Pesan Tanda dan Makna, Buku Teks Dasar Mengenai Semiotika & Teori Komunikasi.

Yogyakarta: Jalasutra.

Depdikbud. 1998. Pentas Sastra. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

E. Palmer, Richard. 2005. Hermeneutics Interpretation Theory in Schleirmacher, Dilthey, Heidegger, and

Gadamer diterjemahkan oleh Masnuri Hery dan Damanhuri dengan judul Hermeneutika; Teori Baru Mengenai Interpretasi. Cet. II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Eco, Umberto. 2009. Teori Semiotika: Signifikasi, Komunikasi, Teori Kode, serta Teori Produksi Tanda.

Yogyakarta: Kreasi Wacana.

FBS UNAS. 2010. Panduan Penulisan Skripsi. Jakarta: FBS UNAS PRESS. Hamdju, Atan. 1987. Buku Pengetahuan

Seni Musik. Jakarta: PT. Mutiara Sumber Widya.

Haryatmoko. 2002. Memahami Diri Lebih Baik; Hermeneutika Menurut Paul Ricoeur. Jakarta: Kompas.

Hermintoyo, M. 2003. Simbol Naturalis dalam Lirik Lagu Populer Indonesia.

Yogyakarta: PIBSI UNY.

Hjelmslev, Louis. 1970. Language: an Introduction. Winsconsin: The University of Wisconsin Press.

Hoed, Benny. 2011. Semiotika dan Dinamika Sosial Budaya. Depok: Komunitas Bambu.

Hutagalung, M.S 1980. Apresiasi Puisi. Jakarta: Penerbit Tulila

, 1998. Permata Kehidupan. Jakarta: Penerbit Gunung Mulia

Kurniawan, Heru. 2009. Mistisisme Cahaya. Yogyakarta: Grafindo Literatur Media. Luxemburg. 1984. Pengantar

Ilmu Sastra. Jakarta: Gramedia.

Moleong, Lexy J. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nazir, Mohammad. 1988. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia. Nuyten, Ronald. 1994. Pengaruh Teknik

Pengajaran dan Kepekaan Terhadap Musik Pada Hasil Belajar Struktur Bahasa Jerman Mahasiswa Strata Satu Program Studi Bahasa Jerman FPBS IKIP Jakarta, Tesis: Program Pasca sarjana IKIP Jakarta.

Piliang, Yasraf Amir. 2003. Hipersemiotika, Tafsir Cultural Studies Atas Matinya Makna. Yogyakarta: Jalasutra.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2002. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ricoeur, Paul. 1981. Paul Ricoeur Hermeneutics and The Human Sciences.

English: Cambrige University Press.

Saussure, Ferdinand de. 1983. Course in General Linguistics. Open Court Publishing.

Simaremare, Liston, 2020. Pemaknaan Lirik Lagu “Sayur Kol” (Studi Semiotik Terhadap Lirik Lagu “Sayur Kol”

Karya Nanu Mulyono) Jurnal Seni Nasional CIKINI Volume 6 No.2, Desember 2020 - Mei 2021

Sobur, Alex. 2004. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Soekanto, Soerjono. 1990. Sosiologi

Suatu Pengantar, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sztompka, Piotr. 2004. Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta: Prenada. Parsons, Talcott. 2013. Social System. London:

Routledge.

Waluyo, Herman J. 1995. Apresiasi Puisi Untuk Pelajar dan Mahasiswa.

Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Internet:

http://www.tempo.co/read/kolom/2011/09/07/441/300-Tahun-Masalah-Air- Jakarta, (diakses tanggal 13 Mei 2024).

http://www.ipavoices.com/2012/0/7/10/ke-jakarta-ku-akan-kembali/,(diakses tanggal 13 Mei 2024).

http://sosbud.kompasiana.com/2010/12/05/kepadatan-penduduk-sebagai-akar- dari-permasalahan-kota-jakarta/, (diakses tanggal 13 Mei 2024).

http://lirik.kapanlagi.com/artis/benyamin_sueb/kompor_meledug,(diakses tanggal 13 Mei 2024).

Downloads

Published

28-06-2024

How to Cite

Simamora, C. (2024). Interpretasi Lagu Betawi "Abang Jampang" Karya Benyamin Sueb Dari Perspektif Hermeneutika. Beranda, 1(2), 58–69. https://doi.org/10.52969/beranda.v1i2.42